October 22, 2004

Beberapa tips melamar pekerjaan

1. Lamar pekerjaan yang anda minati dan yakin mampu melaksanakan.

2. Buatlah surat lamaran yang terkesan individual/personal khusus untuk perusahaan yang dimaksud jangan membuat surat lamaran yang sudah diformat secara standard atau meniru /jiplak mentah-mentah dari buku.

3. Usahakan surat tsb singkat , faktual dan menarik dengan bahasa yang jelas dan penampilan yang menarik dalam arti : rapi ( tidak ada kesalahan dalam ejaan atau tatabahasa), bersih ( tinta hitam diatas kertas putuh, jangan ada koreksi seperti tippex atau perbaikan dengan pensil/bolpoin sebaiknya ketik dan cetak ulang saja ) dan selalu berusaha ditujukan kepada seseorang tertentu ( nama dan /atau jabatan yang spesifik ).

4. Surat lamaran maksimal hanya satu halaman, selalu disertai resume/C.V. (curriculum vitae) anda dan memberi impresi pertama yang positif tentang anda.

5. Resume /C.V. anda sebaiknya memberi detil tentang dirimu mencakup latar belakang pendidikan, ketrampilan-ketrampilan yang anda miliki, pengalaman kerja ( full-time atau part-time atau free lance yg memberi anda kompetensi tertentu untuk melakukan suatu pekerjaan ), aktivitas (organisasi, masyarakat, olah raga ,dsb) dan prestasi - prestasi ( disekolah maupun luar sekolah) yang pernah anda raih. . Ciri resume / C.V. yang baik adalah : rapi, simpel, jujur dan akurat . Sebaiknya bersih dan disusun agar penyampaian informasi menarik dan mudah dibaca. Berilah jarak ( margin) pada semua sisi resume/c.v anda sebesar 1" ( minimal 1/2" kalau anda kekurangan space untuk mengisi informasi tentang diri anda.) Bagian putih ini membuat resume anda menarik, bersih dan mudah dibaca sekaligus memberi tempat bagi pembaca untuk membubuhkan catatan langsung pada resumemu. Gunakan kertas dan tinta yang sama dengan surat lamarannya.

6. Proof read ulang surat lamaran dan resume/C.V. anda Pastikan bahwa tidak ada kesalahan Tipografis, tatabahasa/ grammar, bahasa yang diulang-ulang/repetitif,layout yang kurang rapi (miring atau tidak lurus) ataupun kesalahan lain. Suatu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan.

8. Silahkan membaca buku/literatur yang tersedia di toko-toko buku. Banyak yang mengulas cara-cara dan kiat yang efektif dalam menulis surat lamaran , resume/C.V. maupun wawancara.

Memilih Iklan yang Tepat

Umumnya pencari kerja akan memberikan perhatian yang banyak pada iklan lowongan kerja. Banyaknya iklan lowongan kerja bukan berarti kita dapat seenaknya mengirimkan surat lamaran. Tidak ada larangan untuk Anda mengirim surat lamaran kepada semua pemasang iklan, tetapi perlu dipertimbangkan bahwa perilaku demikian akan berdampak biaya tinggi. Beberapa tips dalam memilih iklan lowongan kerja yang baik, seperti sebagai berikut :

1. Memberikan kejelasan jenis bisnis perusahaan tersebut. Kenapa penting ?, informasi ini perlu diketahui agar kita dapat mengukur apakah akan cocok dengan jenis bisnis perusahaan tersebut bila nantinya bekerja di perusahaan tersebut.

2. Syarat lamaran jelas dan terukur. Informasi persyaratan kerja perlu kita ketahui untuk bahan tanya jawab wawancara. Kita dapat juga mengukur kemampuan diri apakah layak melamar ke perusahaan tersebut

3. Manfaat yang di tawarkan. Kadang-kadang ada yang mencantumkan, tetapi cukup banyak yang tidak mencantumkan. Misalnya besaran gaji dan fasilitas lain yang diberikan. Jika mencantumkan informasi ini, maka dapat kita indikasikan bahwa perusahaan tersebut telah siap menerima karyawan sebagai suatu aset. Tetapi Andapun harus sadar, bahwa pencantuman itu menandakan besaran prestasi yang diinginkan oleh perusahaan pemasang iklan terhadap calon pelamar.

4. Informasi perilaku kerja. Informasi ini sangat kita butuhkan untuk kesiapan mental dalam menjalankan tugas. Misalnya "bersedia melakukan perjalanan dinas keluar kota", dan sebagainya. Kejelasan informasi ini menandakan bahwa perusahaan tersebut mengetahui benar tanggung jawab calon pelamar jika di terima kelak.

5. Informasi dalam urutan yang logik. Misalnya ada iklan yang menyatakan persyaratan untuk jabatan Sekreataris sebagai berikut : "Wanita, umur antara 20 - 23 tahun, lulus Akademi Sekretaris, pengalaman kerja minimal 5 tahun, dan seterusnya". Jika Anda urutkan logika angka dari informasi tersebut, maka akan terlihat tidak dalam urutan yang rasional. Ini menandakan bahwa pemasang iklan kurang persiapan untuk mencari tenaga yang dibutuhkannya.

6. Alamat jelas. Pastikan alamat pemasang iklan jelas.

7. Batas waktu pengiriman surat lamaran. Perlu diketahui agar kita tidak menyia-nyiakan biaya dan tenaga untuk mengirim surat lamaran kepada perusahaan pemasang iklan, padahal sudah tidak dibutuhkan.

8. Media tempat pemasangan iklan. Jika iklan tersebut berada pada media terkenal dan memiliki sebaran luas, maka kemungkinan akan banyak pelamar. Ini juga menandakan bahwa tingkat kompetisi pasti akan tinggi dan mempengaruhi peluang diterima bisa kecil. Tetapi iklan lowongan kerja yang di pasang pada media terkenal dengan ukuran yang besar berarti perusahaan tersebut cukup bonafit.


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home